ISD Sebagai MKDU



1.      ISD sebagai MKDU :
 Pengertian ISD dan IPS
·         ISD (Ilmu Sosial Dasar) yaitu gabungan dari disiplin ilmu-ilmu social yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah social yang timbul di dalam masyarakat.
·         IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yaitu ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan pengajaran disekolah dasar dan menengah, materinya meliputi geografi, sejarah, sosiologi, antropologi dll.
Tujuan ISD dan IPS
Tujuan ISD
·         Tujuan ISD yaitu untuk membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa
·         Mahasiswa dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
·         Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menaggulanginya.
·         Mahasiswa bisa menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompeks dan hanya dapat mendekatinya dengan mempelajari masalah itu secara kritis-interdisipliner.
·         Mahasiswa dapat memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam penanggulangan masalah sosial dalam masyarakat.
Tujuan IPS
·         Tujuan IPS yaitu untuk membentuk warga negara yang mempunyai kemampuan sosial. Artinya IPS memberikan suatu kemampuan kepada seseorang agar mampu hidup di tengah-tengah masyarakat serta mampu menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
            Kelompok ilmu pengetahuan
1.      Humanities (ilmu budaya, meliputi: bahasa, agama, kesastraan, kesenian , dan lain-lain)
Persamaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan social
2.      Natural Sciences (ilmu alamiah), meliputi : fisika, kimia, biologi, astrologi, dan lain-lain.
3.      Sosial Sciences (ilmu sosial), meliputi : sosiologi, ekonomi, antropologi, sejarah, psikologi, geografi, dan lain-lain.
Perbedaan ISD dan IPS
·         Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
·         Ilmu sosial dasar diberikan pada jenjang pendidikan perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.
·         Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial adalah kumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
Persamaan ISD dan IPS
·         Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri.
Artinya yaitu ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah.
·         Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Artinya yaitu ilmu sosial dasar dan Ilmu pengetahuan dasar mempunyai materi kenyatan sosial dan masalah sosial.
·         Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
Artinya yaitu ilmu sosial dasar maupun ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempunyai tujuan untuk program pendidikan /pengajaran.
Ruang lingkup ISD
Dalam pembelajaran Ilmu Sosial Dasar terdapat masalah-masalah social yang dapat dijadikan bahan pembelajaran Ilmu Sosial Dasar yaitu :
·         Konsep sosial atau pengertian tentang kenyatan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
·         Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
·         Kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.



Sumber :




Nama : Adhitya Nur Pratama
NPM  : 20314224
Kelas    : 1TB03

Comments

Popular posts from this blog

Cara membedakan sepatu ADIDAS yang ORIGINAL & FAKE