Cara membedakan sepatu ADIDAS yang ORIGINAL & FAKE

1. Cek kode Internasional dari sepatu Adidas
Ini adalah area yang paling basic dan gampang untuk mulai menganalisa antar sepatu Adidas asli dengan sepatu Adidas palsu, semua produk Adidas selalu ada kode internationalnya,  biasanya 6 digit, ada yang  1 digit alphabeth ditambah 5 digit numeric, ada juga yang 6 digit numeric. Kalau sepatu kebanyakan alphabethnya huruf G, Q, V dan U. Contoh: G64903, V24414, Q33687, dst
Kode internasional yang sama akan berada di 3 tempat:
- Box sepatu
- Price tag
- Sepatu (biasanya di bagian dalam lidah sepatu dengan kondisi di sablon), untuk sandal model tertentu yang tidak bisa dijahit, kadang dalam bentuk stiker, tapi pernah juga kami ketemu sandal tertentu yang stikernya tidak ada kode internationalnya biarpun itu sepatu Adidas asli

 
Kode International ini harus sama dan konsisten di 3 tempat tersebut, jadi kodenya sama antara box, tag dan lidah sepatu, dengan adanya kode international ini, cara pelanggan untuk melakukan pemeriksaan awal adalah melakukan cross validasi lewat google, masuk saja ke google, pilih bagian “gambar” dan ketik “ sepatu adidas “ + [kode international ], maka gambar asli dari model sepatu yang ini akan keluar semua, bisa dilihat dan pelajari produknya sama atau tidak, kalau sepatu adidas yang ditawarkan ke anda modelnya beda dengan gambar yang ada di google, ada kemungkinan produk tersebut palsu. contoh:  “sepatu adidas + Q33687”, mestinya akan keluar sepatu bola nitrocharge merah.
Perlu diperhatikan kalau untuk sepatu Adidas, untuk seri sepatu yang sama, kalau beda warna maka kode internationalnya akan beda juga.
 
2. Konsisten informasi antara Tag & Box sepatu
Setelah mendapatkan kode international dan sudah cek ke Google confirm modelnya betul, tips berikutnya adalah dengan membandingkan informasi yang ada di tag dalam dengan box luar sepatu, informasi yang ada diantara keduanya harus konsisten.
Informasi yang bisa diperiksa:

-          Nomor barcode EAN
-          Nomor PO
-          Deskripsi produk
-          Family produk
-          Size sepatu
Contoh perbandingan bisa diliahat dicontoh gambar dibawah ini:

































Pada sepatu Adidas yang asli, informasi- informasi yang disebut diatas ini seharusnya konsisten, biarpun kadang-kadang secara deskripsi ada tambahan, misalnya antara “nitrocharge 3.0 TRX FG” dengan “nitrocharge 3.0 TRX”, mungkin karena keterbatasan panjang field.

3. Konsisten informasi pada Sepatu & Box
pada setiap sepatu Adidas yang original, biasanya bagian dalam lidah sepatu juga ada informasi yang sama, dibagian dalam lidah sepatu Adidas yang original biasanya akan ada cetakan / sablon yang rapih dan kualitas yang sangat bagus, informasi pada lidah ini juga bisa di cek dan harus konsisten dengan box dan price tag dari sepatu Adidas, disini kami cuman menampilkan perbandingan dengan box sepatu saja
Informasi yang bisa diperiksa:
-          Kode international produk
-          Nomor PO
-          Informasi size (ukuran)
-          Gender
-          Negara pembuat sepatu (made in mana ?)
Contoh perbandingan sepatu Adidas Nitrocharge bisa dilihat pada contoh perbandingan dibawah ini:
 
Kalau Sepatu Adidas yang asli, informasi-informasi yang disebutkan diatas seharusnya konsisten.

4. Pengecekan informasi pada lidah sepatu
Tips yang ke-4  ini tidak banyak yang tahu dan juga merupakan salah cara yang bagus untuk melakukan pemeriksaan,  coba anda ambil sepasang sepatu Adidas anda dan lihat informasi di bagian lidah dalam dari masing-masing sepatu kiri dan kanannya. Kalau ukuran, kode article international dan informasi nomor PO sama, tapi ada 1 kode nomor yang berbeda antara nomor di kiri dan nomor di kanan, silahkan anda lihat contoh sepatu bola Nitrocharge yang kita ambil kembali sebagai studi kasus ini, di sisi yang satu nomornya XBDFD2F800038, sisi satunya lagi adalah XBDFD2F800049. Untuk sepatu Adidas yang asli, akan ada nomor seri yang membedakan antara sepatu kiri dan sepatu kanan.
Metode ini sangat efektif untuk men-screening sepatu Adidas kw yang asal-asalan, karena manufacturer yang membuat sepatu Adidas KW yang tujuannya untuk dijual sebagai sepatu murah tidak akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat perbedaan seperti ini, mereka akan samain semua, kasusnya akan berbeda kalau pembuatan sepatu Adidas merek palsu yang memang tujuannya untuk dijual sebagai sepatu asli, mungkin yang memproduksi akan sedikit lebih berusaha untuk melakukan perbedaan juga terhadap nomor seri ini.

Sebagai catatan tambahan untuk informasi di lidah sepatu ini, dan perhatikan bahwa informasi ini “dicetak” / di sablon di bagian dalam sepatunya, biarpun bahan sepatunya kain, akan kelihatan jelas sekali kualitasnya tanpa cacat dan rapih seperti contoh gambar, ini adalah bukti bagaimana Adidas mengkontrol kualitas dari produk sepatunya, jadi kalau produk yang anda dapat kesannya tidak rapih dan sablon asal-asalan, informasi tidak terbaca dengan jelas, mungkin layak untuk dicurigai.

5. Pengecekan informasi kode Size
Tips yang ini adalah tips yang agak simple dan berdasarkan logika atau ilmu berhitung saja. Caranya adalah memeriksa cara penomoran size pada sepatu Adidas.

Adidas adalah perusahaan di Eropa yang secara size menganut size UK, biarpun di setiap pasang sepatunya selalu ada size US, UK, Eropa (FR/F), China (CHN) dan Jepang (JP/J), kalau Indonesia mengikuti penomoran sepatu size Eropa (FR/F).

Coba perhatikan table perbandingan size sepatu Adidas antara sepatu size UK dengan sepatu size Euro (Indonesia) dibawah ini:
 
 
Dari table perbandingan ini bisa dilihat bahwa untuk sepatu Adidas, setiap size sepatu UK naik ½ nomor, maka size Euro akan naik 2/3, hal ini menjadikan ada nomor size tertentu di sepatu size Euro (Indonesia) menjadi tidak bulat dan tidak ada,  contohya tidak ada sepatu Adidas size 39 yang bulat, adanya size 39  1/3, jadi kalau misalnya anda mendapatkan sepatu  Adidas yang sizenya tidak sesuai dengan table konversi diatas (misalnya size 39 bulat), maka anda boleh mulai lebih teliti untuk melakukan pengecekan,  tidak berarti sepatu Adidas yang anda dapat palsu, tapi selama ini yang 99 % sepatu Adidas yang kami jual dan periksa perbandingan sizenya selalu seperti ini.
 
Sumber: http://sarangsepatu.com #IndonesianAdidasLovers #3foil_id

Comments

  1. coba baca ini juga gan Cara membedakan sepatu nike ori dan kw lumayan buat pengetahuan kalo entar mo beli sepatu nike.. ;)

    ReplyDelete
  2. makasih ya mas adit infonya..saya baru aja dapat pengalaman beli adidas superstar foundation black, hologram dan supercolour (blm datang) di ig @sepa7u...
    Dari awal saya bilang mau ori dan sesuai perjanjian money back guarantee..dia bilang dia dr 2011 jual barang ori...tentu saya ga perlu jelasin lagi apa arti original itukan??? sy minta kirim yg satu hari nyampe dan disanggupi yang ternyata pakai reguler..ok 1kekecewaan...
    Saat barang datang saya udah mulai curiga (krn sebelumnya dah browsing plus liat distore jenisnya superstar plus punya adidas) sy bawa ke storenya di medan...dilihat dari sekilas mirip aslinya (mungkin inilah kelas premium) tp pas dilihat lebih jelas spt: tulisan adidas la marque aux 3bandes yg ga bisa ke baca, insolenya yg beda, apalagi tagnya..kode international spt yg di bilang mas adit ga keluar (sementara yg punya saya langsung keluar), jahitan yg ga rapih, kotak yg ga ada keterangan spt yang mas adit tulis...tp @sepa7u tujuh tetp ngotot bilang asli yang makin lama akhirnya bilang kualitas asli karena tapaknya ada tulisan adidasnya..yg sya herannya gimana bisa bilang kualitasnya asli kalau tidak bisa diautentifikasi keasliannya..siapa yang menentukan kualitas aslinya???? @sepa7u bilang sya harus buktikan kalau tidak asli udah sya buktikan dan tetap bilang kualitasnya asli..ga berani lagi bilang barang ori..seharusnya dialah yang harus memberikan bukti ke konsumennya kalo dia tidak menipu dan barang yang di jual asli malah dia bilang dari harganya juga sudah beda...berdasarkan pengalaman saya beli brang ori di online semua bs diautentifikasi meski harganya lebih murah....akhirnya @sepa7u tidak mau refund dengan alasan menurut dia itu kualitas ori jadii barangnya ori (gagal paham arti ori)..apa itu bukan penipuan?? Jadi berhati-hatilah ternyata orang yang sudah jualan ktnya dr 2011 pun tidak tau definisi ori tetapi mendeclear jual barang ori, dan tidak menganggap melakukan penipuan..@sepa7u bilang dia hanya tinggal ngeblokir ig sy.. jd ga ada yg tau penipuannya....
    Tulisan mas adit berguna untuk konsumen yang akan beli sepatu adidas khususnya...namun rupanya kita harus sepaham dgn penjualnya arti "ori" dan harus ekstra hati2 meski kita sudah punya pengetahuan ttg yg ori.....mrk ga mencantumkan gambar detil dan tetap menjanjikan moneyback guarantee yang tidak dipenuhi...kasian sekali customer @sepa7u..mudah2an ga ada yang mengalami seperti saya yang katanya baru sy yang bilang sepatunya tidak asli..maaf panjang mudah2an berguna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih share pengalamannya semoga tidak tertipu lagi saat membeli sepatu :) dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya heheh :))

      Delete
    2. Hi mbak windha, aku boleh ngobrol lebih banyak ga soal sepatu palsu? Soalnya aku baru bgt beli nih adidas superstar hologram yg black juga dan aku curiga ga asli (hiks) kalo boleh aku minta contact aku di line id: amandaeleonora ato email: amandaeleonor@gmail.com
      Thank you!

      Delete
    3. Makasi kak infonya, hampir aja pesen os @sepa7u tapi gajadi gayakin soalnya

      Delete
    4. Makanya beli di store resmi adiddas, kan ada yg onlinenya

      Delete