BAB IV


 BAB IV
USULAN PELESTARIAN

4.1. Usulan Pelestarian
       Pelestarian secara umum dapat didefinisikan bahwa pelestarian dalam hal ini konservarsi merupakan suatu upaya atau kegiatan untuk merawat, melindungi, dan mengembangkan objek pelestarian yang memiliki nilai atau makna kultural agar dapat dipelihara secara bijaksana sesuai dengan identitasnya guna untuk dilestarikan. Upaya pelestarian memerlukan pula pendekatan konservasi yang dinamis, tidak hanya mencakup bangunannya saja tetapi juga lingkungannya (conservation area).
       Bandar Udara Internasional Kemayoran ini sangat penting mengingat tempat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bandara di Indonesia. Amat sangat disayangkan jika Bandara yang memiliki banyak sejarah ini harus dibiarkan terbengkalai begitu saja, oleh karena itu harus diadakan pelestarian agar sisa bangunan eks Bandar Udara Internasional Kemayoran yang masih ada hingga saat ini tidak lenyap.

4.2. Usulan Pelestarian eks Terminal Penumpang
       Bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran yang saat ini kondisinya usang & kurang terawat diusulkan untuk dijadikan sebagai Museum Bandara Kemayoran (Museum Aviasi), seperti usulan yang digagas oleh Angkasa Pura, Komunitas Save Ex Kemayoran Airport & Komunitas Tin - Tin.
       Nantinya bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran akan di cat dengan warna yang sama seperti saat Bandar Udara Internasional Kemayoran masih beroperasi. Bagian dalam bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran selain dijadikan sebagai Museum nantinya juga akan dibuat mini gallery yang menampilkan foto – foto seputar dunia aviasi karya dari Komunitas Indonesian Plane Spotters (Komunitas Fotografi Pesawat).


       Selain mini Gallery, di dalam bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran nantinya akan terdapat juga ruangan simulator penerbangan, ruangan simulator ini di desain sedemikian rupa menyerupai sebuah cockpit pesawat terbang asli, nantinya pengunjung yang datang dapat merasakan sensasinya menerbangkan sebuah pesawat.
       

       Di dalam bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran juga akan dibuat sebuah restoran dan café yang bertema aviasi (penerbangan). Desain restoran dibuat menyerupai sebuah cabin pesawat terbang dan desain café dibagian langit – langitnya diberi hiasan miniature pesawat terbang.

 


       Nantinya juga akan terdapat sebuah miniature bandara lengkap dengan sarana dan prasarana pendukung operasional bandara. Selain itu juga terdapat toko yang menjual diecast & pernak pernik seputar dunia aviasi (penerbangan).


 


4.3. Usulan Pelestarian eks Tower ATC
       Sama seperti bangunan eks Terminal Penumang Bandar Udara Internasional Kemayoran, nantinya eks Tower ATC Bandar Udara Internasional Kemayoran  akan di cat dengan warna yang sama seperti saat Tower ATC Bandar Udara Internasional Kemayoran masih beroperasi.
       Tower ATC ini merupakan bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan, setiap tahunnya Komunitas Tin – Tin melakukan napak tilas ke bekas bangunan Tower ATC ini. Usulan pelestarian dan pengembangannya yaitu dengan membuat semacam restoran yang berada di sekitar Tower ATC ini, disekitar Tower ATC ini masih terdapat lahan kosong yang bisa dimanfaatkan.
       Nantinya dapat diadakan tour napak tilas eks Bandar Udara Internasional Kemayoran, tour meliputi bangunan eks Terminal Penumpang Bandar Udara Internasional Kemayoran, bangunan eks Tower ATC Bandar Udara Internasional Kemayoran dan juga eks Landasan Pacu (Runway) Bandar Udara Internasional Kemayoran yang kini beralih fungsi menjadi jalan raya.


Link Download File : KLIK DISINI

Adhitya Nur Pratama
20314224
4TB06

Comments

Popular posts from this blog

Cara membedakan sepatu ADIDAS yang ORIGINAL & FAKE

ADIDAS CITY & ISLAND SERIES

Berbagai logo produk Adidas, apa bedanya?