Tips & Trick Merawat Sepatu & Tips Mencoba Sepatu

Sepatu selain sebagai alas kaki juga dapat menjadi penyempurna penampilan. Karena itu seperti aksesoris lainnya, sepatu sangat perlu mendapat perawatan. Nah, bagaimana cara merawat sepatu yang baik? Berikut tipsnya.

1. Untuk mencegah agar sepatu tidak berbau, jangan memakai sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap.


2. Jika Anda memiliki sepatu dari bahan kulit, simpanlah sepatu di tempat yang kering. Hindari untuk menjemur sepatu di bawah terik matahari, cukup diangin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Jangan dilap dengan menggunakan air dan gunakan bahan lembut untuk mengelapnya. Khusus untuk sepatu berwarna putih, laplah dengan memakai odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih
awet.

3. Untuk sepatu dari bahan suede, hindari terkena air secara langsung. Sikatlah sepatu dengan sikat sepatu yang halus agar debu yang menempel dapat dihilangkan. Kemudian jemurlah sepatu ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Jika kaki Anda selalu berkeringat, sebaiknya keringkan dahulu. Kemudian taburi dengan bedak talc agar kaki Anda tetap kering dan segar kondisinya.

5. Jangan lupa untuk memakai obat khusus penyemprot sepatu atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda dan segera angin-anginkan agar kering.


6.tips lain merawat sepatu
SEPATU adalah bagian terpenting dalam kegiatan di alam bebas. Jenisnya banyak, ada sepatu bot, sepatu panjat tebing dan lainnya. Bahannya juga beraneka macam, ada yang dari bahan karet, kain keras, gore tex sampai bahan kulit atau suede.



Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat sepatu anda agar lebih awet dan senantiasa terlihat baru :
1. Sebelum disimpan, sepatu harus dibersihkan dulu. Dicuci dengan air saja atau pakai sampo khusus seperti misalnya sneaker sampo buatan Kiwi. Sepatu dari bahan suede dan kulit perlu disikat dengan sikat khusus sepatu. Caranya, sikat direndam dulu dalam air. Ada juga bahan pembersih semprot untuk suede/kulit, misalnya leather cleaner buatan cololite.

2. Setelah bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan langsung kena sinar matahari. Lalu simpan, jangan di dalam kardus karena akan lembab dan terkena jamur. Boleh pakai silica gel, tapi harus diganti silikanya tiap 2 minggu. Paling baik sepatu disimpan di rak yang terbuka dengan posisi sepatu berdiri.
3. Gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk. Kalau tidak punya ganjal khusus, bisa juga menyumpal bagian dalamnya dengan potongan koran.

4. Kalau bagian sepatu ada yang lepas, rekat kembali dengan lem super atau aica aibon. Ingat, tiap perusahaan sepatu memakai lemnya sendiri, jadi lebih baik dilakukan oleh pembuat sepatunya.

5. Setelah itu, sepatu bisa disemprot dengan bahan pelindung, misalnya protector buatan dasco. Bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada, tutupi bagian plastik (sol misalnya). Ada juga bahan parafin / wax khusus sepatu untuk menutup bagian jahitan antara badan sepatu dengan sol supaya tidak bocor.

agar sepatu tahan lama



Merawat sepatu ternyata tidak cukup mengangin-anginkannya setelah dipakai lalu menyimpannya dalam kotak sepatu saja. Agar sepatu kesayangan Anda terpelihara dengan baik dan tahan lama, simak tips berikut ini:

Gunakan Shoe Tree
Setelah dipakai dan disimpan berantian dalam waktu yang panjang, umumnya bentuk sepatu akan mengalami perubahan. Gunakan alat penyangga bentuk sepatu (shoe tree) untuk mempertahankan bentuk sepatu. Jika biasanya Anda menyumpalnya dengan koran atau kertas sebagai pengganti shoe tree, sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai sekarang.

Memakainya Bergantian
Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari walaupun Anda sangat menyukainya. Keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum Anda memakainya kembali.

Keringkan dengan Kipas Angin
Jika sepatu Anda basah, lepaskan talinya (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya, dan letakkan di depan kipas angin. Jika sol dalam memang bisa dicopot, keluarkan juga. Jika sudah hampir kering, ambil shoe tree, pasangkan pada sepatu Anda lalu biarkan kering dengan sendirinya.

Mengelem Sendiri
Jika rekatan pada sepatu sudah hampir lepas, cobalah untuk mengelemnya sendiri dengan lem sepatu atau semacam lem super glue. Bersihkan dulu bekas lem lama dengan mengamplasnya, lalu aplikasikan lem sepatu ke bagian yang lepas dan rekatkan kembali. Tekan kuat-kuat bagian yang masih basah sampai kering.



Tips & Trick Merawat Sepatu
Sepatu adalah salah satu item dalam fashion yang tidak akan luput dari perhatian orang. Sepatu pun berhak mendapatkan perawatan secara benar. Tips sederhana di bawah ini akan membuat sepatu Anda akan bertahan lebih lama dan terjaga keindahannya.

Jika produk sepatu Anda terbuat dari bahan kulit, simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung. Angin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab dan berjamur. Jangan mengelap sepatu kulit dengan menggunakan air. Gunakan bahan lembut untuk mengelap produk sepatu tsb.

Untuk model sepatu dari bahan suede sebenarnya hampir sama dengan bahan kulit tapi model sepatu dari bahan ini dapt dibersihkan dengan cara menyikat akan tetapi memakai sikat khusus yang lembut atau juga dengan pembersih semprot khusus untuk bahan suede, misalnya leather cleaner.

Setelah dibersihkan cukup diangin-anginkan saja dan biarkan sepatu dalam beberapa menit agar kering dan bisa di simpan di kotak sepatu yang diberi gel silica, tetapi gel ini harus di ganti dengan yang baru setiap 2 minggu sekali.

Khusus untuk koleksi sepatu berwarna putih, dapat di lap dengan menggunakan odol putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet.

Gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk, Anda dapat membelinya di toko/tempat jual sepatu maupun jual sandal atau di supermarket, kalau tidak punya Anda bisa saja menggunakan potongan kertas koran yang sudah Anda bentuk sesuai dengan bentuk muka sepatu.

Untuk mencegah agar koleksi sepatu tidak berbau, jangan memakai sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah, hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tidak sedap.
Bagi Anda yang mempunyai masalah kaki yang selalu berkeringat, sebaiknya bersihkan dan keringkan kaki Anda sebelum menggunakan sepatu.

Untuk pertahan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi atau foot spray yang dapat dibeli di toko/tempat jual sepatu maupun tempat jual sandal pada bagian dalam sepatu, setelah itu jangan langsung di pakai, segera angin-angikan agar kering.

Adapula bahan pelindung seperti protector buatan Desco dan juga yang lain, bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air. Jika ada tutupi bagian plastik (sol misalnya). Ada juga bahan paraffin / wax khusus sepatu untuk menutup bagian jahitan antara badan sepatu dengan sol supaya tidak bocor.

Kalau bagian sepatu ada yang lepas, rekat kembali dengan lem super atau aica aibon. Hal yang lebih baik dilakukan oleh pembuat sepatunya karena kadang pembuat sepatu tidak memakai lem perekat yang sama begitu juga mutunya.



Tips Mencoba Sepatu
Sepatu yang tidak nyaman pastinya bikin aktivitas kita terganggu. Supaya kaki terhindari dari masalah jangan salah langkah ketika mencoba sepatu baru. Tentunya kita apalagi wanita tidak ingin hanya punya koleksi sepatu wanita tapi tidak bisa mengenakannya. Caranya? Simak tips ini!

1. Ketika mencoba suatu produk sepatu, sebisa mungkin gunakan kaus kaki. Terutama ketika mencoba sepatu olahraga atau sepatu lain yang perlu menggunakan kaus kaki. Jika ingin mencoba sepatu olahraga, gunakan kaus kaki olahraga, jangan gunakan kaus kaki tipis untuk sepatu santai.

2. Waktu paling baik untuk mencoba suatu produk sepatu adalah pada malam hari. Pada saat itu kaki sedang berada dalam kondisi yang maksimal. Tapi hati-hati, jika anda baru saja melakukan aktivitas yang tak seperti biasanya, misalnyahiking atau naik gunung, berarti bukan saatnya untuk mencoba model sepatu-sepatu pesta yang cantik. Intinya, mencoba sepatu di malam hari ketika kaki sedang dalam keadaan maksimal akan membuat sepatumu siap untuk menerima kakimu dalam ukuran yang paling besar.

3. Kaki pertama untuk mencoba suatu model sepatu adalah kaki yang paling besar. Cara menentukannya, kaki yang lebih besar adalah sisi yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menulis. Misalnya anda biasa menulis dengan tangan kanan berarti kaki yang lebih besar adalah kaki kiri.

4. Cobalah sepatu untuk berdiri dan berjalan sedikit. Saat anda di toko/tempat jual sepatu maupun tempat jual sandal cobalah berjalan dengan senormal mungkin. Anda harus bisa menggerakan ibu jari anda menyentuh bagian atas sepatu. Setidaknya ada 1/2 cm ruang antara jari paling ujung dengan ujung sepatu.

5. Saat Anda ke toko/tempat jual sepatu, jangan beli sepatu yang terlalu ketat dan berharap sepatu itu akan melar. Memang beberapa jenis bahan seperti kulit dan suede akan sedikit membesar. Tapi, pembesaran itu pun tak akan banyak pengaruhnya untuk kenyamanan kaki. So, sepatu yang kekecilan dan tak ada ukurannya berarti bukan ‘jodoh’ anda. Yang pasti selalu coba sepatu dengan sedikit jalan berkeliling. Coba dengan jalan biasa dan jalan sedikit cepat.

1. ukuran

apakah ukuran sepatu yg dipakai cocok dengan kaki saya yang memiliki ukuran berbeda? namun tidak perlu khawatir, ukuran sepatu biasanya sudah memiliki standar tertentu, artinya walaupun ada perbedaan disini sy sebut deviasi biasanya sangatlah sedikit baik ukuran maupun model serta merk sepatu, jadi anda tidak perlu khawatir selama ingin membeli sepatu secara online, bahkan biasanya pihak penjual tentunya tidak berkeberatan untuk menukarkan sepatunya dengan ukuran yang cocok.

Sumber : Mas Adi Fadilah Iskandar #‎3foil_id #‎indonesianadidaslovers

Comments

  1. sangat bermanfaat, memilih sepatu yang pas memang gampang2 susah. pastikan terlebih dahulu ukuran sepatu yang dipilih agar pas dan nyaman di pakai. :)

    ReplyDelete
  2. sepatu kalau ga pas dikaki memang ga enak banget gan, makasih tips nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membedakan sepatu ADIDAS yang ORIGINAL & FAKE

Link referensi Adidas Vintage